SOCIAL MEDIA

Bermain di Luar Rumah

06/01/18

Hasil gambar untuk bermain di luar rumah
bermain di alam bisa memancing anak untuk berinisiatif menciptakan kebahagiaan sendiri dari apa yang mereka temukan
sumber : google.com


Bermain bagi anak adalah motivasi diri, dan anak-anak terlibat dalam permainan untuk kenikmatan yang mereka inginkan. Bermain dapat meningkatkan berbagai aspek kesehatan dan perkembangan bagi anak. Penelitian membuktikan bahwa bermain diluar rumah, khususnya di alam,  dapat menurunkan resiko obesitas pada anak. aktivitas fisik anak meningkat seiring dengan pengalaman mereka mengikuti permainan di luar rumah. Permainan di luar rumah dapat meningkatkan aktivitas fisik anak. dalam wawancara yang dilakukan pada anak Kanada umur 7-11 tahun menunjukkan bahwa permaianan yang melibatkan aktivitas fisik dinilai lebih unggul daripada permainan yang tidak melibatkan gerak.

Orang dewasa biasanya mengatur permainan anak dalam bentuk permainan terstruktur. Permainan terstruktur adalah permainan di tempat yang spesifik dan terjadwal. Permainan terstruktur memiliki aturan yang spesifik. Misalnya permaianan kartu, puzzle, permainan papan, dan permainan olahraga lapngan seperti epakbola, tenis dan lain sebagainya. Sedangkan jenis permainan lain adalah permaianan tidak terstruktur yang bisa dimainkan kapan pun dan dimana pun. Permainan terstruktur terjadi secara spontan dan tidak direncanakan, dan langsung merupakan ide dari anak itu sendiri. Misalnya mewarnai, menggambar pada kertas kosong, memutuskan untuk memainkan boneka atau miniatur pesawatnya dengan cara anak-anak sendiri, berlari mengelilingi taman atau lapangan dan lain sebagainya. Ketika anak terlibat dalam kegiatan bermain tidak terstruktur, maka dia sedang dalam proses membangun tujuannya sendiri.

American Academy of Pediatrics menyadari bahwa anak lebih suka aktivitas yang tidak terstruktur dan menyenangkan. Ruang bermain yang alami adalah tempat bermain sangat cocok untuk memperkuat kesehatan, perkembangan dan bermain itu sendiri. Bermain di alam merupakan salah satu tempat bermain yang menyediakan berbagai macam bentuk permainan bagi anak sesuai dengan variasi umur dan kompetensi mereka. Di alam anak bebas memilih dan dapat memancing imajinasi mereka untuk menciptakan keasyikan mereka sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di alam. Unsur alami seperti pohon, semak, air, batu dan pasir termasuk kondisi lingkungan pada umumnya seperti matahari, angin di tempat bermain dapat menawarkan kesempatan meningkatkan keterlibatan anak dalam bermain. Alam tidak bisa digantikan dengan bahan lainnya. Permainan tidak terstruktur merupakan permainan yang sangat berharga bagi anak, karena dalam permainan ini memberi anak kesempatan untuk bebas dan mengambil kontrol. Permainan tidak terstruktur mengijinkan mereka untuk belajar tentang diri mereka sendiri yaitu tentang apa yang mereka suka dan tidak suka, bahkan ketika menemukan kesulitan, mereka tidak perlu merasa gagal atau tertekan karena aturan tertentu. Permainan tidak terstruktur direkomendasikan oleh National Association for Sport and Physical Education agar bisa dimainkan anak pra sekolah setidaknya satu atau beberapa jam dalam sehari.

Tipe anak menikmati permainan sangat tergantung pada diri mereka sendiri, kompetensi serta fase perkembangan mereka saat itu. Beberapa anak mungkin memilih untuk bermain imajinatif dengan satu atau dua anak, atau mungkin memilih permainan aktivitas tubuh dengan kelompok anak yang lain, atau memilih dua jenis permainan tersebut dalam waktu yang berbeda. meskipun begitu, lingkungan keluarga mempengaruhi bagaimana anak bermain. Dalam hal ini adalah aturan yang ditegakkan orang tua dan kebiasaan dalam keluarga tersebut.

Hasil gambar untuk bermain di luar rumah
anak bermain di alam, menstimulasi kemampuan sosial dan motorik kasar mereka
sumber: google.com

Bermain di luar rumah bisa menjadi stimulan anak untuk bermain tidak terstruktur. Bermain di luar memberikan dampak positif bagi perkembangan sosial anak, anak dapat bertemu dengan anak-anak yang lain dan memberikan kesempatan anak untuk meningkatkan kemampuan motorik kasarnya seperti memanjat, bergelantungan, menendang, meniti, dan lain sebagainya. Permainan di luar rumah merupakan kombinasi dari gerak tubuh, cahaya, aktivitas sedang dan kuat. Ketika anak berbicara tentang bermain, sorotan utama yang penting adalah kegembiraan, kesenangan, pilihan dan kebebasan. Jika kriteria ini tidak ada maka sebuah kegiatan tidak lagi disebut sebagai permainan dan akan berpengaruh pada ketertarikan dan keterlibatan mereka.

Laelatus Syifa Sari Agustina



Sumber: 
Herrington, S., & Brussoni, M. (2015). Beyond Physical Activity: The Importance of Play and Natures-Based Play Spaces for Children's Health and Development. Economy and Environment (I Janssen, Section Editor) .

Remmers, T., Broeren, S. M., Renders, C. M., Hirasing, R. A., Grieken, A. V., & Raat, H. (n.d.). A Longitudinal Study of Children's Outside Play Using Family Environment and PerceivedPhysical Environment as Predictor. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity .

Rock, A. (2017). Unstructured Play. Diakses lewat https://www.verywell.com/unstructured-play-2764971

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Instagram